observasi

1.     Pengertian isp adalah ? penyedia layanan yang memberikan akses ke media informasi dan komunikasi berbasis online.

2.     Dns itu apa ?  Domain Name System Merupakan aplikasi pelayanan di internet untuk menterjemahkan domain name ke alamat IP

3.     Protocol itu apa ? Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titikkomputer

4.     Fungsi isp ? Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.

5.     Fungsi network ? untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain.

6.     Fungsi dns ? untuk Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address)

7.     Apa yang dimaksud provider ? Provider merupakan penyedia ataupun pemberi layanan. 

8.     Lapisan jaringan itu apa ? Lapisan jaringan atau Network layer adalah lapisan ketiga dari bawah dalam model referensi jaringan OSI

9.     Kumputer client ? Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk meminta layanan tertentu dari komputer server. 

10.   Gateway adalah ?  sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 jaringan komputer atau lebih 

11.   Apa yang dimaksud interface ? Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. 

12.    Apa yang dimaksud ip address ? IP Address adalah alamat atau identitas numerik yang diberikan kepada sebuah perangkat komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

13.   Apa yang dimaksud firewall ? Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar.

14.   Yang dimaksud router ? Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.

15.   Yang dimaksud Acces Point ? Access point adalah suatu perangkat jaringan komputer yang dapat menghubungkan peranti nirkabel dengan jaringan lokal memakai wifi

16.   Fungsi penamaan interface ? agar pengguna lebih mudah dalam menentukan di interface mana kabel akan dipasang.

17.   Fungsi nat pada router ? untuk melakukan perubahan(Translation) dari sebuah paket data yang merubah IP Address Private menjadi Ip Address Publik dengan opsi yang dapat di pilih pada action masquerade.

18.   Yang dimaksud IP Public ? alamat ip yang ditujukan pada ISP, dengan kepala yang sama dan ekor yang berbeda.

19.   Yang dimaksud IP Local ? alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN).

20.   Yang dimaksud IP Dinamis ?  ip dinamis adalah ip yang tidak tetap bisa berubah ubah sesuai dengan masa peminjamannya. 

21.   Yang dimaksud DHCP Client ? DHCP client merupakan perangkat clinet yang melakukan operasi software (perangkat lunak) client DHCP yang terhubung (sinkronisasi) dengan DHCP server supaya menerima alamat IP, default gateway, DNS dan lainnya.

22.   Yang dimaksud DHCP Server ? DHCP server merupakan perangkat engine yang menyewakan alamat IP adress, default gateway, DNS dan berbagai informasi IP/TCP di komputer client.

23.   Yang dimaksud netmask ?Subnet mask adalah istilah teknologi Informasi yang membedakan Network ID dan Host ID atau sebagai penentu porsi Network ID dan Host ID pada deretan kode biner. Fungsi dari subnet mask sendiri adalah untuk membedakan Network ID dengan Host ID dan menentukan alamat tujuan paket data apakah local atau remote.

24.    Jenis-jenis jaringan ?
·                     LAN ( Local Area Network )   Merupakan jaringan milik pribadi dengan jangkauan satu gedung atau beberapa km saja untuk dapat memakai bersama sumber daya dan saling bertukar informasi dan  memiliki konsep yang sama dengan LAN namun bedanya hanya penambahan web server pada servernya. Intranet bersifat tertutup dan keamanannya terjaga ( hanya digunakan oleh kalangan sendiri ).
·                      MAN ( Metropolitan Area Network )  Merupakan kumpulan LAN dengan jangkauan lebih besar yaitu satu kota. MAN dapat mencakup kantor – kantor atau perusahaan yang letaknya berdekatan. Dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum dan mampu menunjang data, suara, bahkan TV kabel.
·                     WAN ( Wide Area Network )  Merupakan jaringan komputer dengan jangkauan daerah yang luas yaitu antar negara bahkan benua. Sifatnya tertutup dengan menggunakan jasa provider tertentu sebagai media penghubungnya.
·                     INTERNET   Merupakan kumpulan jaringan yang terkoneksi yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Sifatnya sangat terbuka dan keamannya kurang terjamin.
·                     WIRELES ( jaringan tanpa kabel )  Merupakan jaringan komunikasi yang dilakukan tanpa kabel yang mampu memberikan kecepatan akses lebih cepat dibanding jaringan dengan kabel. Contoh : teknologi infrared, bluetooth, modem, dll

25.    Peer to peer adalah ? Peer To Peer adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.

26.   Jaringan client server adalah ? Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

27.   Pengertian dari web server  ? Pengertian Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
28.   Apa yang dimaksud  fibar optic? Fiber optic adalah media transmisi yang terbuat dari serat kaca dan plastik yang menggunakan bias cahaya dalam mentransmisikan data. 

29.    Apa yang dimaksud modem ?  Modem yaitu sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data/pesan ke alamat yang dituju. Modem bisa juga diartikan sebagai media perantara supaya komputer dapat terhubung ke jaringan internet.

30.    Fungsi NIC? Sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan

31.   Fungsi antena omni ? untuk memperluas area coverage

32.   Fungsi antena sectoral ?  juga digunakan untuk Access Point to serve a Point-to-Multi-Point (P2MP) links. 

33.   Pebedaan omni dan sectoral ? Antena Omni adalah antena jenis antena yg menerima dan memancarkan gelombang elektro magnetik dg sudut pancar 360derajat tegak lurus ke atas. Antena ini juga disebut antena Monidirectional. Benda ini memancarkan dan menerima gelombang elektronik dg area cakupan yg melebar. karena itu benda ini cocok dipergunakan untuk menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik pada area hotspot. sedangkan
Antena Sectoral adalah Antena yang mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectional antena di sekitar 10-19 dBi. Yang bekerja pada jarak atau area 6-8 km. Sudut pancaran antenna ini adalah 45-180 derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal.
Pola pancaran yang horisontal kebanyakan memancar ke arah mana antenna ini di arahkan sesuai dengan jangkauan dari derajat pancarannya, sedangkan pada bagian belakang antenna tidak memiliki sinyal pancaran.

34.   Perbedaan switch dan hub ? Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet dataantar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layersehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan. sedangkan
Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater)

35.   . Jelaskan tugas administrator ? Sebagai petugas yang memastikan keamanan jaringan (security)
36.    Prinsip keamanan jaringan ? Confidentiality, Integrity , Availability, Authentication
37.    Ip conflict ? ip yang sama dan berada dalam satu jaringan yang menyebabkan salah satu atau mungkin kedua ip tidak bisa terhubung/beroperasi 
38.    Fungsi inconfig ? untuk menampilkan informasi berupa ip address, netmask,dan default gateway 
39.   Cara cek jaringan ? 
40.   Apa yang harus dilakukan apabila jaringan undertiefield ?
41.   Yang dimaksud request time out ? adalah ketika komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). 
42.   Jelaskan fungsi perintah ping ? 
  • Melakukan pengecekan mengenai troubleshooting pada jaringan komputer
  • Melakukan cek mengenai kualitas koneksi jaringan. Setelah mengirim ping nanti akan muncul statistik paket lost. Apabila paket lost 0 = nol% yang berarti bagus.
  • Time pada ping menggambarkan ketersediaan bandwidth. Apabila bandwidth habis maka statistik Time akan makin besar. Umumnya ISP akan menyediakan bandwidth untuk ping secara khusus.
  • Untuk mengetahui status up atau status down komputer pada jaringan.
  • Melakukan monitoring “status available” kompiter pada jaringan.
  • Mengetahui respon komunikasi pada suatu jaringan.
43.   Jelaskan yang dimaksud repeater ? Repeater adalah Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh

44.  Jelaskan AP client ? Mode AP Client merupakan mode AP yang dijadikan client dari AP utama. Jadi AP utama akan memiliki hubungan dengan AP client secara langsung, karena perannnya sebagai AP Client maka tidak ada host yang bisa melakukan koneksi langsung ke AP client sehingga hanya port-port LAN saja yang bisa bekerja.

45.   Apa yang dimaksud dengan ip pool ? IP Pool Mikrotik adalah salah satu fitur pada Mikrotik yang berfungsi untuk menentukan range (rentang) IP Address yang dapat digunakan pada DHCP Server maupun koneksi point-to-point (ppp). IP Pool mengelompokkan IP Address untuk keperluan lanjutan, seperti pemberian IP Address kepada client.

46.   Yang dimaksud profil server ?  adalah bagian dari arsitektur IoP yang lebih luas. Secara konseptual, ia menyediakan dua layanan penting berikut untuk Aplikasi Orang ke Orang.

47.   Yang dimaksud user profil ? adalah tampilan visual data pribadi yang terkait dengan pengguna tertentu, atau lingkungan desktop yang disesuaikan.

48.   Jelaskan setting nama interface ? masuk mikrotik lalu new terminal kemudian ketikan " interface ethernet set sether1 name=public"
49.    Setting IP Address dengan nama public ether1 ?masuk mikrotik lalu new terminal ketikan "ip address add address=192.168.*. interface=public"
50.   Setting IP route ? ketikan "ip route add gateway=(masukan ip sumber).
51. perbedaan ifconfig dengan ifconfig all ? ifconfig all untuk menampilkan informasi konfigurasi koneksi..........ifconfig menampilkan dns cache.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PH8

KARTU  SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pelajaran                     :    C2 (Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika) Kelas...